Penyakit kanker merupakan salah satu penyebab kematian utama di seluruh dunia. Pada tahun 2012, kanker menjadi penyebab kematian sekitar 8,2 juta orang. Kanker paru, hati, perut, kolorektal, dan kanker payudara adalah penyebab terbesar kematian akibat kanker setiap tahunnya. Berdasarkan kuesioner yang dilakukan oleh Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan RI tahun 2013 menunjukkan bahwa prevalensi penderita kanker pada penduduk semua umur di Indonesia sebesar 1,4 %. Tingginya prevalensi kanker di Indonesia perlu dicermati dengan tindakan pencegahan dan deteksi dini yang telah dilakukan oleh penyedia layanan kesehatan.

Pengenalan penyakit kanker menjadi penting karena untuk menurunkan kasus baru kanker diperlukan upaya pencegahan dan deteksi dini yang akan lebih mudah dilakukan ketika faktor risiko dan gejala kanker sudah dikenali. Oleh karena itu, penting dilakukan pemeriksaan rutin secara berkala sebagai upaya pencegahan dan deteksi dini kanker. Pada tahun 2015, Menteri Kesehatan Republik Indonesia mencanangkan komitmen penanggulangan kanker di Indonesia. Penandatanganan komitmen dilakukan bersama-sama dengan ketua Komitmen Penanggulangan Kanker Nasional (KPKN) dan perwakilan dari organisasi profesi, yaitu wakil Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia (YKI).

Komitmen pencegahan kanker diwujudkan dengan pencanangan program nasional peran serta masyarakat dalam pencegahan dan deteksi dini kanker pada perempuan Indonesia untuk periode 2015-2019. Seminar ini turut mengundang masyarakat di sekitar Apotek Pendidikan Unpad-KF yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya pemeriksaan rutin serta pencegahan dini penyakit kanker. Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat mengacu pada Renstra Unpad tahun 2015-2019 yang menjadi capaian Unpad dan Fakultas Farmasi dalam periode 2014-2018.

Kegiatan yang telah dilaksanakan pada tanggal 1 Oktober 2017 ini diantaranya mencakup “Seminar Wanita Sehat Tanpa Kanker”, sosialisasi BPJS untuk penanganan pasien kanker, dan pemeriksaan Pap Smear gratis. Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama yang dimiliki oleh Fakultas Farmasi Unpad dengan PT. Kimia Farma (KF) dan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Bandung di Training Center Apotek Pendidikan Unpad-Kimia Farma Jl. Ir. H. Djuanda No. 248 Bandung.

 

Categories: Kolaborasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *